Categories
Dokumentasi

Active Learning Programmer Untuk Kelas 2 Sekolah Dasar

Active learning dalam bentuk permainan dapat digunakan untuk mengenalkan profesi programmer kepada anak-anak. Anak-anak berperan sebagai komputer dengan instruksi dari programmer. Kerumitan logika disesuaikan dengan usia peserta.

Definisi dan contoh active learning dapat dilihat di sini.

Daftar Isi

Mengenalkan Profesi Programmer dengan Active Learning

Mengenalkan profesi Programmer kepada anak-anak bukan dengan merakit robot atau mengajarkan koding, tetapi dengan pembelajaran aktif (active learning) bermain peran sebagai komputer. Anak-anak sangat menikmati instruksi yang dikemas dalam bentuk permainan. Nilai-nilai diselipkan di dalam pembelajaran, antara lain kejujuran, keadilan sosial, kreatifitas, kerjasama tim, empati dan sebagainya.

— Active Learning Programmer Untuk Kelas 2 Sekolah Dasar
https://bptsi.unisayogya.ac.id/active-learning-programmer-untuk-kelas-2-sekolah-dasar/ 2023-10-12 08:24:56

One Day With Parent: Programmer

Pengenalan

Pada sesi ini, anak-anak diperkenalkan dengan narasumber dan profesi programmer. Pada sesi ini menggunakan metode ceramah, sehingga kemungkinan tidak diingat oleh anak-anak.

Latihan Program

Tujuan: Pengkondisian, membangun konsentrasi dan latihan kejujuran

Algoritma:

input($instruksi)

if $instruksi = "tepuk satu" then
  tepuk(1)
elseif $instruksi = "tepuk dua" then
  tepuk(2)
elseif $instruksi = "tepuk tiga" then
  tepuk(3)
else
  $salah = true
end if

if $salah then
  maju_ke_depan()
  menyanyi_secara_bersamaan_dalam_dua_kelompok()
end if

Anak-anak diminta untuk melakukan tepuk satu, dua dan tiga sesuai dengan instruksi “tepuk satu”, “tepuk dua” dan “tepuk tiga”. Anak yang tidak melakukan sesuai dengan instruksi maju ke depan, antara lain ketika instuksi “dua” tetapi anak malah melakukan tepuk dua.

Bagi yang melakukan kesalahan diminta untuk menyanyi dalam dua kelompok secara bersamaan. Satu kelompok menyanyikan lagu burung kakak tua, sedangkan kelompok lainnya menyanyikan lagu topi saya bundar.

Program Pertama: Pilah Pilih Sampah Menjadi Sedekah

Tujuan: Pilah-pilih Sampah, Sedekah Sampah, Peduli Lingkungan

Algoritma:

input($wadah)

if $wadah = "putih" then
  ambil_sampah("kertas")
elseif $wadah = "hitam" then
  ambil_sampah("plastik")
else
  ambil_sampah("organik")
end if

Masing-masing anak memegang satu wadah. Anak-anak diberi waktu untuk mengumpulkan sampah sesuai dengan warna wadah yang dibawa.

Apabila wadah berwarna putih, maka mengambil sampah kertas. Apabila wadah berwarna hitam, maka mengambil sampah plastik. Selain itu, mengambil sampah organik.

pilah pilih sampah

Setelah berkumpul kembali, anak-anak dijelaskan bahwa dengan memilah dan memilih sampah maka dapat membantu kebersihan lingkungan, khususnya dalam masalah sampah. Selain itu, sampah yang telah dipilih dapat disedekahkan ke lembaga, antara lain Lazismu Pimpinan Cabang Banguntapan Selatan.

tim sedekah sampah/barang bekas

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.