SIMPTT
Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) adalah sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data untuk menjadi sebuah informasi untuk kegiatan manajemen di Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang datanya tersimpan ke dalam sebuah basis data dan saling terhubung satu sama lain.
Bahasa Pemrograman | Java |
Media | Web (internet/WAN) |
Framework | ZK |
Server Aplikasi | Tomcat |
Server Basis Data | Mysql |
Alamat
http://sim.unisayogya.ac.id/simptt-mahasiswa
Pengembangan SIMPTT
Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) yang terdiri dari modul core system dan modul supporting system berbasis web yang terkoneksi ke internet (akses melalui WAN). Oleh karena itu, SIMPTT ini mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Pengguna dapat mengakses SIMPTT dari komputer kantor, komputer rumah, warung internet, melalui smart phone, melalui notebook / laptop, dari lingkungan Perguruan Tinggi, dari luar Perguruan Tinggi dan sebagainya. Dengan SIMPTT ini maka sivitas akademika dan stake holder memiliki kemudahan dalam mengakses data-data akademik maupun data-data lain terkait melalui sistem informasi yang tersedia. Beberapa hal yang di dapat dengan pengembangan SIMPTT ini antara lain berkurangnya kerangkapan data (redundansi data), memudahkan proses pembaruan data, memudahkan proses memasukkan data, meningkatkan kualitas akses, kualitas informasi (accuracy, relevancy dan timeliness) dan meningkatkan keamanan data (hak akses akan dibagi sampai dengan hak akses aplikasi).
SIMPTT Mahasiswa
SIMPTT Mahasiswa adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan mahasiswa, antara lain proses KRS, proses penjadwalan, proses perkuliahan, informasi perpustakaan, informasi keuangan dan biodata. Setiap akhir semester ditampilkan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) dan Evaluasi Unit Oleh Mahasiswa (EUOM).
Menu SIMPTT Mahasiswa
Menu | Tipe | Keterangan |
Akademik, Perkuliahan dan Perpustakaan | menu | Data akademik, perkuliahan dan perpustakaan |
– Pra-Perkuliahan | sub-menu | Data-data sebelum proses perkuliahan |
– – Entry KRS (non Paket) | form | Adm KRS bukan paket |
– – Entry KRS Paket | form | Adm KRS paket |
– Perkuliahan | sub-menu | Data-data perkuliahan |
– – Jadwal Kuliah | laporan | Melihat jadwal kuliah |
– – Rekap Kehadiran | laporan | Melihat rekap kehadiran perkuliahan |
– Pendukung Perkuliahan | sub-menu | Data-data pendukung perkuliahan |
– – Lihat KRS | laporan | Melihat KRS |
– – Hasil Studi / Semester | laporan | Melihat KHS |
– – Hasil Studi Kumulatif | laporan | Melihat transkrip nilai |
– – Cetak Hasil Studi Kumulatif | laporan | Mencetak transkrip nilai |
– – Kalender Akademik | laporan | Melihat kalender akademik |
– Kelulusan | sub-menu | Adm Kelulusan |
– – Yudisium – Wisuda | form | Mendaftar Yudisium (dan melihat hasilnya) serta Wisuda |
– Perpustakaan | sub-menu | Data-data perpustakaan |
– – DIGILIB: Ebook – EJournal | form | Pencarian ebook / ejournal |
– – Pencarian Pustaka | form | Pencarian pustaka yang ada di perpustakaan |
– – History Peminjaman | laporan | Melihat data peminjaman dan sejarah peminjaman |
Keuangan | menu | Data-data keuangan |
– Tagihan Keuangan | laporan | Melihat data tagihan keuangan – sama dengan data di Bank (host to host) |
– History Pembayaran Keuangan | laporan | Melihat data sejarah pembayaran keuangan – sama dengan data di Bank (host to host) |
– Daftar Tunggu Tagihan Keuangan | laporan | Melihat data tagihan keuangan yang terjadwal |
Kemahasiswaan | menu | Data-data kemahasiswaan |
– Biodata | laporan | Melihat biodata mahasiswa |
– Biodata Buku Wisuda | form | Edit biodata mahasiswa untuk buku wisuda |
User | menu | Menu pengguna |
– Saran | form | Memberikan saran ke akademik |
– Ganti Password | form | Adm penggantian kata sandi |
– Logout | logout | Keluar dari sistem |