Categories
Pengumuman

Kalender Unit Kerja dengan Google Calendar

Google Calendar merupakan sebuah aplikasi kalender yang memiliki fitur notifikasi. Fitur ini dapat digunakan untuk mengatur kegiatan dan memberikan notifikasi kepada pengguna agar tidak melewatkan kegiatan yang sudah direncanakan.

Daftar Isi

Kalender Unit Kerja

Aplikasi kalender tidak hanya dapat digunakan untuk mengatur kegiatan pribadi saja, tetapi dapat digunakan untuk mengatur dan memberikan notifikasi kegiatan unit kerja untuk banyak anggota

— Kalender Unit Kerja dengan Google Calendar
https://bptsi.unisayogya.ac.id/kalender-unit-kerja-dengan-google-calendar/ 2024-05-21 12:49:11

Admin Workspace

Apabila menggunakan Google Workspace, maka admin dapat melakukan penyesuaian pengaturan Google Calendar pada bagian Pengaturan Berbagi > Opsi berbagi eksternal untuk kalender utama, dengan opsi:

  • Hanya melihat Waktu senggang/sibuk (tanpa detail): peserta hanya dapat melihat status sibuk atau bebas saja
  • Melihat detail semua acara: + dapat melihat detail semua acara
  • Mengubah detail acara: + dapat mengubah detail acara
  • Mengubah dan mengelola fitur berbagi: + mengelola fitur berbagi

Pemilik Kalender (Manajer)

Buka setelan pada tombol menu setelan (gerigi).

Buat kalender baru pada menu Tambahkan kalender.
Isi detail, klik Buat kalender untuk membuat kalender.

Setelah kalender jadi, maka manajer dapat menambahkan orang atau grup ke dalam kalender pada Setelan kalender. Klik tombol + Tambahkan orang dan grup dan atur hak akses setiap orang dan/atau grup.

Manajer dapat mengatur untuk notifikasi setiap acara pada bagian Notifikasi acara.

Baca juga calendar

Apabila email tidak terkirim ke peserta, maka manajer dapat mengirimkan tautan melalui tombol Dapatkan link yang bisa dibagikan

Membuat Kalender dengan CSV

  • Subject
    (wajib) Nama dari even/kegiatan
    Contoh: Ujian akhir
  • Start Date
    (wajib) Hari pertama dari even/kegiatan
    Format: mm/dd/yyyy
    Contoh: 05/30/2020
  • Start Time
    Waktu mulainya even/kegiatan
    Example: 10:00 AM
  • End Date
    Hari terkahir dari even/kegiatan
    Format: mm/dd/yyyy
    Contoh: 05/30/2020
  • End Time
    Waktu berakhirnya even/kegiatan
    Contoh: 1:00 PM
  • All Day Event
    Apakah even/kegiatan diadakan 24 jam (seharian)?
    • True : seharian
    • False : tidak seharian
  • Description
    Deskripsi atau catatan tentang even/kegiatan
    Contoh: "50 multiple choice questions and two essay questions"
  • Location
    Lokasi dari even/kegiatan
    Contoh: "Columbia, Schermerhorn 614"
  • Private
    Apakah acara merupakan acara privat?
    • True : tamu atau yang diijinkan hanya dapat melihat status “sibuk”
    • False : tamu atau yang diijinkan dapat melihat even/kegiatan

Peserta

Peserta akan mendapatkan email atau tautan yang berasal dari manajer (otomatis terkirim) untuk menambahkan kalender yang baru ke dalam kalender peserta. Klik tautan Tambahkan kalender ini.

Apabila salah masuk akun (karena membuka banyak akun google), maka tinggal login atau berpindah ke akun yang diijinkan.

Klik tombol Tambah untuk menambahkan kalender yang baru ke dalam kalender peserta.

Pada Kalender Saya, klik Setelan dan berbagi.

Klik tombol + Tambah notifikasi pada Notifikasi acara dan/atau Notifikasi acara sepanjang hari untuk mengatur notifikasi default untuk kalender ini.

Demikian, semoga bermanfaat. [bst]

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.