Tersedianya backbone jaringan komputer dan sistem informasi yang cukup memadai
Memiliki finansial dan eksistensi kelembagaan yang kuat
Dukungan Pimpinan
Kualitas Sumberdaya Manusia
Mengamalkan nilai-nilai keislaman berkemajuan
Berwawasan Kesehatan
KENDALA / KELEMAHAN (Weakness)
Perancangan, dokumentasi, monitoring, evaluasi dan audit belum baik dari PDSI
Proses bisnis (UNISA) yang belum tersusun dan terdokumentasi dengan baik
Belum adanya platform, sistem dan metode pengumpulan data serta pengolahan data yang tepat
Kurangnya SDM dalam pengembangan sistem
Sistem keamanan yang belum baik
Ketiadaan high availability (Penjaminan Layanan dapat selalu Available)
Perangkat keras yang tidak memadai/sejalan dengan rencana pengembangan sistem
Kesadaran yang rendah terhadap legalitas
Transisi (perubahan bentuk) universitas mempengaruhi seluruh proses bisnis dan data
Keterampilan dan kesadaran dalam pemanfaatan sistem informasi dan perangkat lunak
PELUANG (Opportunity)
Decission Support System dan Business Intelligents yang baik dari data, informasi dan statistik yang berkualitas
High Availability (Penjaminanan layanan sistem dan data dapat selalu Available)
Universitas yang berteknologi tinggi
Pengintegrasian Sistem Informasi UNISA Secara Internal dan Eksternal
Pengembangan pangkalan data Unisa
Menjadi Unit Usaha sebagai adding cost revenue (Business Revenue)
Kebijakan dalam Pelaksanaan Bring Your Own Device (BYOD) dan e-Paper yakni mengurangi ketergantungan proses manual (paper based) sebagai pengalaman pengguna (end user experience)
Universitas yang berwawasan kesehatan
STRATEGI MEMAKAI KEKUATAN UNTUK MEMANFAATKAN PELUANG (S-O)
Membangun Business Inteligents System dan Knowledge Management sistem untuk memprediksi kebutuhan pasar sebagai sarana pengambilan keputusan dari sistem yang terintegrasi (S1 – O1, O4, O5)
Menjadikan UNISA sebagai Universitas yang berteknologi tinggi sehingga PDSI UNISA dapat menjadi unit usaha (business Revenue) di bidang pendidikan, industri maupun kesehatan. Sebagai contoh: Perencanaan/Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). (S2, S3, S4 – O3, O6).
Komitmen dari para stakholders dan sumber daya manusia dalam mendukung program PDSI (S3, S4 – O1, O2, O3, O4, O5, O6, O7, O8)
Membangun mobile application (memudahkan user dimanapun dan kapanpun) (S1, S4 – O7)
Mengamalkan nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam kebijakan TI (S5 – O3, O6, O7)
Membangun Hi-Tech Health Environtment (lingkungan kesehatan berteknologi tinggi) (S2, S4, S6 – O3, O8)
STRATEGI MENANGGULANGI KENDALA / KELEMAHAN DENGAN MEMANFAATKAN PELUANG (W-O)
Perekrutan SDM untuk mewujudkan Universitas yang berteknologi tinggi, berwawasan kesehatan serta dapat menjadi unit usaha (Business Revenue). (O3, O6, O8 – W4)
Assessment, standarisasi dan pengadaan perangkat lunak legal (O3 – W8)
Assessment, standarisasi dan pelatihan SDM UNISA (O3 – W10)
TANTANGAN / ANCAMAN (Threatness)
Peretasan sistem dan informasi dari luar
Jalinan kerjasama international yang harus memenuhi kaidah/standar international
Perkembangan teknologi yang cepat (membuat teknologi cepat usang) dan harga yang fluktuatif
STRATEGI MEMAKAI KEKUATAN UNTUK MENGATASI TANTANGAN / ANCAMAN (W-T)
Peningkatan kualitas SDM PDSI dengan pelatihan (S4 – T1, T2)
Assesment, standarisasi dan pengadaan perangkat keras (S2 – T3)
STRATEGI MEMPERKECIL KELEMAHAN DAN MENGATASI ANCAMAN (O-T)
Membuat standarisasi keamanan untuk perangkat kerja SDM UNISA (W1, W3, W5, W7, W8, W10 – T1)
Membuat standarisasi keamanan dalam membangun system informasi dan jaringan (W1, W3, W5, W6, W7, W8, W10 – T1)
Penyelenggaraan sertifikasi professional IT bertaraf internasional (W1, W2, W3, W5, W6, W10 – T2, T3)